Kampong Ahok

Kampong Ahok


Siapa yang tidak mengenal Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. ikon atas kejujuran dan pemberontakan terhadap korupsi di zaman NOW. Namun tentu saja kita tidak akan membahas sepak terjang Ahok di dunia politik. Kita mau yang Fun Fun aja.

memiliki pesona keindahan baharinya dan makanan khas-nya yang nikmat. Kebanyakan makanan khas disini berbahan dasar dari ikan, seperti, Tek-wan, Keikian, Gangan dan kerupuk ikan, hmm membacanya saja membuat kita lapar. Manggar merupakan sebuah kecamatan dan sekaligus sebagai Ibukota di Kabupaten Belitung Timur. Kepulauan Bangka Belitung. Indonesia.

Disini ada banyak tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Kampung Ahok Belitung Timur yang sekarang menjadi objek pariwisata. Pada awalnya para wisatawan yang datang ke Belitung Timur ternyata tidak cuman menikmati keindahan pantainya saja. Mereka pun penasaran dan bertanya-tanya pada warga setempat “Dimana rumah Ahok?” “Dimana Ibu Ahok?” “Dimana Adiknya Ahok” Rupanya para wisatawan dapat berfoto di rumah Ahok dan bersama keluarga Ahok. Wah luar biasa benar-benar sudah menjadi tokoh Nasional. Maka dari itu sang adik dari Pak Ahok yaitu Bapak Basuri membangun Kampung Ahok dan membuat tiruan rumah keluarga besar mereka dari tahun 1924. Untuk jarak dari Tanjung Pandan, hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit untuk sampai ke Kampung Ahok yang berada di Manggar.

Rumah panggung itu rumah adat belitung
Dari depan kita sudah dapat melihat sebuah rumah panggung adat Belitung yang berwarna coklat kayu. Di dalam rumah ini terdapat beberapa peralatan rumah tangga yang biasa kita jumpai layaknya sebuah rumah. Ada satu  ruang tamu lengkap dengan kursi dan meja, lemari-lemari dan dindingnya pula dihiasi bingkai foto Bapak Ahok dan keluarga. Ada pula gambar karikatur Pak Ahok yang di hadiahi dari masyarakat. Lalu ada meja yang disediakan yang berisi camilan khas Belitung seperti kue basah dan kue kering, hingga keripik.

Kampung Ahok ini juga menjual berbagai macam souvenir: ada magnet kulkas, gantungan kunci, gelas dan lain-lain. Tidak ketinggalan, Disana terdapat sebuah sanggar batik khas Belitung di Kampung Ahok ini. Batik Simpor merupakan batik khas dari Belitung. Motifnya diambil dari hewan lokal yaitu Tarsius, ada juga motif kopi Manggar dan buah Krementing. Batik Simpor juga memakai pewarna alami dari tanaman Mangrove. Selain bisa membeli bahan kain batik disini, kita juga bisa belajar cara membuat batik khas Belitung ini.

Untuk berwisata ke Kampung Ahok kita tidak akan dikenakan biaya. Keluarga Ahok mempunyai rumah tinggal yang berada di seberang Kampung Ahok ini. Rumah berwarna krem bertingkat dua yang ditempati oleh Ibu dan adik dari Pak Ahok. Jika kita beruntung kita juga bisa berfoto bersama mereka.

Nah jangan lupa ya jalan-jalan ke Kampung Ahok, dijamin seru dan menarik.