Pulau Batu Belayar

Pulau Batu Belayar


Misalkan dilihat dari namanya Batu Berlayar, pulau ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata hopping island di Belitung ini memang menyerupai Kapal yang sedang berlayar, sebagai dampak adanya batu granit besar yang berdiri vertikal dan bentuknya mirip Layar Kapal, dengan pulaunya sebagai Kapalnya. Oleh karena itu, pulau yang letaknya dekat dengan Tanjung Pandan Belitung ini kemudian dinamakan Pulau Batu Berlayar.

Kalau kita berwisata ke Belitung, ini bisa menjadi salah satu destinasi dalam tour Hopping Island (tour menggunakan boat ke pulau-pulau) adalah mampir di Pulau Batu Berlayar ini, disamping terdapat beberapa pulau nan cantik lainnya di sekitar perairan Belitung. Pulau ini luasnya tidak begitu besar 60 m persegi dan sering disebut sebagai Sailing Rock karena di pulau ini banyak terdapat batu-batu granit berukuran besar. Letak pulau ini pun sangat dekat dengan Tanjung Pandan, bisa ditempuh menggunakan boat dari pelabuhan Tanjung Kelayang selama 15 menit perjalanan.


Tentunya keunikan pulau ini, ya itu tadi, adanya batu-batu granit besar yang menyerupai Layar Kapal dimana kita bisa berfoto dan mengabadikan keindahan dan keunikannya dengan latar belakang pantai yang indah. Tidak hanya batu granit besar tadi, juga terdapat batu-batu granit dengan ukuran lebih kecil yang tersebar di sekitar pulau dan menambah cantik dan indahnya pulau ini.
 

Pasir putih di pulau ini juga menambah keindahannya. Wajib diingat untuk tour hopping island ke Pulau Batu Berlayar ini hanya bisa dilakukan jika air laut sedang surut sehingga boat atau perahu bisa merapat dan kita bisa turun menikmati kebersihan dan keindahan pasir putihnya.

Pantai di pulau ini bisa dikatakan bersih dan jernih airnya. Jika suka berenang dan bermain air, jangan lupa membawa baju ganti agar bisa menikmati kesegaran air lautnya.


Terdapat beberapa macam binatang laut di sekitar pulau Batu Berlayar ini. Pada kunjungan kali ini saya menemukan Bintang Laut besar (berwarna kecoklatan) serta banyaknya Bintang-Bintang laut kecil lainnya. Semua bintang laut ini bisa kita pegang, tidak berbahaya, kecuali bintang laut yang kecil agak sedikit geli karena adanya sejenis jari-jari atau kaki-kakinya yang kecil dan bergerak-gerak. Tapi aman koq, tidak mengigit. Oiya, satu hal yang perlu kita ingat adalah selalu mengembalikan bintang-bintang laut ini ke pantainya (ke dalam air), jadi jangan terlalu lama bermain-main dengan mereka, segeralah kembalikan ke habitatnya agar mereka tidak mati karena gak bisa bernafas.

 
Karena pantainya yang dangkal dan jernih serta terdapat spot yang ada terumbu karangnya dan banyak ikan-ikannya, maka di sekitar Pulau Batu Berlayar ini juga bisa untuk snorkeling menikmati keindahan underwaternya. Beberapa info dari warga sekitar , cukup banyak terdapat bulu babi disini, jadi tetep kudu waspada agar tidak terinjak olehnya. Jangan lupa pula untuk selalu memakai jaket pelampung agar tidak mudah terbawa arus dan lebih aman tentunya.