Pulau Kelayang Belitung

Pulau Kelayang Belitung


Pantai Tanjung Kelayang memang jadi primadona di Belitung, tapi tidak boleh lupakan pun Pulau Kepayang yang berada tak jauh darinya. Memiliki luas selama 12 hektare, pulau ini melulu berjarak selama 2 km dari pantai Tanjung Kelayang atau 15 menit saja bila memakai perahu.

Pulau terbesar salah satu belasan gugusan pulau kecil yang terdapat di unsur utara Belitung tersebut juga sering dijuluki sebagai Pulau Babi. Bagi masalah panorama tak usah diragukan lagi, laut jernih, pasir putih yang lembut menyatu dengan hamparan bebatuan granit besar. 


Tak melulu itu, wisatawan yang berangjangsana ke pulau ini dapat menyaksikan mercusuar Pulau Lengkuas. Di samping itu, wisatawan yang datang wajib mengupayakan snorkeling dan menyaksikan terumbu karang yang masih bagus, bareng ikan berwarna warni di dekatnya. Dan bila beruntung, penyelam dapat bertemu dengan penyu sisik atau ikan Napoleon yang langka.

Serunya, Pulau Kepayang mempunyai tempat penangkaran penyu sisik yang menjadikannya sebagai tujuan eko-wisata. Di samping itu, terdapat pula lokasi untuk transplantasi terumbu karang yang dapat dikunjungi wisatawan.


Tak melulu itu, Pulau Kepayang pun menjadi di antara tempat terbaik untuk menonton surya yang baru menampakan dirinya atau berkeinginan tenggelam. Maka tidak boleh heran bila tidak sedikit yang datang melulu untuk berburu potret sunrise atau sunset.

Untuk semakin memanjakan pengunjungnya, pulau ini dilengkapi sekian banyak  fasilitas berupa cottage, serta restoran yang penataannya dicocokkan dengan kondisi alam setempat. Pantas saja dengan situasi alam yang cantik dan kemudahan memadai, tak jarang Pulau Kelayang dijadikan tujuan untuk bulan madu untuk pasangan yang baru menikah.

Tertarik berangjangsana ke Pulau Kelayang?