Rumah Keong & Dermaga Kirana

Rumah Keong & Dermaga Kirana


Rumah Keong Belitung 
Novel dan film Laskar Pelangi punya efek yang lumayan signifikan untuk pariwisata Pulau Belitung. Bahkan di Desa Lenggang, Kecamatan Gantong, ada Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang diciptakan serupa seperti pemaparan Andrea Hirata dalam novelnya. Bangunan tersebut turut menjadi tujuan wajib ketika plesiran ke Pulau Timah.

Nah, di seberang SD itu terdapat telaga yang terbentuk dampak bekas penambangan timah. Kedalamannya selama 15 meter. Di tengahnya ada Dermaga Kirana atau yang akrab dinamakan Rumah Keong.

Disebut lokasi tinggal keong sebab di sana pengunjung dapat menyaksikan tiga bangunan dari rotan yang berbentuk laksana cangkang keong. Dalamnya sengaja diciptakan kosong sampai-sampai kerap menjadi spot potret oleh wisatawan.

Anyaman rotan pada Rumah Keong rupanya mempunyai nilai estetika tersendiri. Apalagi bila digabungkan  dengan lengkung pintunya. Tak heran Rumah Keong tersebut lumayan populer di media sosial.


Ada pula Rumah Keong berwarna putih yang terlihat lebih minimalis dan modern dikomparasikan bangunan berbahan rotan. Di dalamnya, rumah tersebut dihiasi kerangka lampu-lampu berwarna monokrom yang terlihat elegan.

Di samping Rumah Keong, Dermaga Kirana pun dilengkapi kemudahan perahu wisata. Menelusuri telaga di Desa Lenggang melulu boleh memakai perahu tersebut, sebab pengunjung dilarang berenang di sana.


Perahu-perahu tersebut dicat berwarna-warni cerah dan mencolok. Warnanya terlihat kontras dengan air telaga biru laksana air laut. Panorama saat mengayunkan pandangan di atas telaga pun paling menakjubkan.

Berminat guna mampir ke Rumah Keong Belitung?